membuat Helikopter pada Blender

Akhirnya Selesai juga tugas 3 softskill saya,Disini saya akan membuat sebuah Helikopter pada blender
Langsung saja
buka program blender yang anda punya. Disini, saya pakai blender versi 2.72 yang tampilannya seperti gambar dibawah. Ketika pertama kali dibuka, akan ada tampilan splash yang menghalangi seperti dibawah. Untuk menghilangkannya, cukup klik dimana saja
Secara otomatis, akan ada objek kubus pada scene. karena tidak terpakai, hapus saja objek kubus tersebut menggunakan tombol x pada keyboard. Ketika muncul konfirmasi, klik OK atau tekan Enter
Sekarang, kita akan membuat badan helikopternya terlebih dahulu. Badannya dibuat dari Icosphere karena bentuk mesh nya mudah dibentuk. Untuk memasukkan Icosphere, tekan Shift +A> Mesh > Icosphere,Maka akan muncul seperti ini:
atur nilai Subdivisions=2 dan Size=5 sehingga bentuk Icosphere menjadi seperti ini.
Tekan tombol S lalu tombol X pada keyboard lalu geser pointer sehingga objek Icosphere memanjang seperti gambar dibawah.
Tekan tombol Tab untuk memasuki Edit Mode, lalu ubah tipe seleksi menjadi face.
Seleksi bagian atas,kemudian tekan tombol Delete pada Keyboard, lalu pilih Faces pada jendela konfirmasi untuk menghapus face yang terseleksi.
Ubah mode seleksi menjadi edge, lalu Alt+Klik kiri edge dibagian atas sehingga edge yang ada diatas terseleksi seperti gambar dibawah

tekan tombol F agar lubang dibagian atas tertutup oleh face lalu tekan tombol E untuk menebalkan face tersebut. Setelah itu, tekan tombol S dan geser pointer untuk memperkecil face seperti gambar dibawah
masih dalam keadaan face atas terseleksi, tekan tombol E untuk meng-extrude nya, dan tekan tombol S lalu geser pointer untuk mengecilkan lagi face tersebut sehingga bentuknya seperti ini.
Seleksi pada bagian depan Tekan tombol E lalu geser pointer sehingga Face menjorok kedalam. Tekan tombol S lalu geser pointer untuk memperkecil face tersebut sehingga bentuknya kurang lebih seperti gambar dibawah.
Seleksi face didekat “jendela”  . Tekan tombol E lalu geser pinter untuk meng-extrude face tersebut, lalu tekan tombol S dan geser pointer untuk mengecilkan face sehingga bentuknya seperti gambar dibawah
seleksi face disampingnya,kemudian, tekan E lalu geser pointer untuk meng-extrude face tersebut lalu kecilkan ujungnya seperti gambar dibawah.
Ok, sekarang lakukan hal yang sama pada sisi satunya, sehingga kedua sisi badan mempunyai kaki yang simetris
seleksi keempat ujung face pada kaki lalu tekan Alt+E dan pilih Individual Faces,kemudian geser pointer untuk mengextrude nya sehingga keempat kaki memanjang seperti gambar
Pada salah satu sisi kaki helikopter, seleksi face yang saling berhadapan dan tekan Ctrl+E, pilih Bridge Two Edge Loops. maka kedua face akan menyatu seperti ini
sekarang, seleksi dua face pada kaki yang menghadap kedepan, Extrude face tersebut dengan tombol E dan geser pointer sehingga bentuknya memanjang kedepan. Lakukan juga pada kaki yang menghadap kebelakang
Kemudian seleksi face bagian belakang , Tekan tombol E lalu geser pointer sehingga face memanjang kebelakang membentuk ekor Helikopter. Gunakan variasi ukuran menggunakan tombol S agar hasilnya lebih bagus.
Untuk membuat ujung ekor, Extrude face paling ujung menggunakan tombol E sedikit, tekan tombol S lalu tombol Z dan geser pointer agar face hanya membesar pada sumbu Z saja.
Untuk membuat tihang baling-baling, prosesnya hampir sama seperti sebelumnya. Gunakan perintah Extrude dengan variasi Scale yang berbeda-beda sehingga didapat bentuk seperti dibawah.
Atur titik point berada di ujung tihang helikopter seperti gambar dibawah, lalu pada menu Add > Mesh > Cube untuk menambahkan kubus ke scene,kemudian Dengan perintah Scale (tombol S) buatlah agar ukuran kubus menyesuaikan tihang. Supaya bentuknya pipih, tekan tombol S lalu tombol Z dan geser pointer agar kubus mengecil hanya pada sumbu Z saja.
Seleksi face pada semua sisi kecuali face atas dan bawah. tekan tombol Alt+E dan pilih Individual Faces lalu geser pointer sehingga masing-masing face menebal membentuk baling-baling. Saya menggunakan Extrude dengan pilihan Individual Faces supaya masing-masing face menebal ke arahnya masing-masing. Kalau menggunakan Extrude saja (tombol E), maka semua face akan menebal ke satu arah.
Jika ingin memberi warna seleksi badan pada helicopter yang ingin diwarnai,kemudian pilih material,klik tanda plus,kemudian pilih new,tekan tombol diffuse,setelah tinggal pilih warna yang anda inginkan,kemudian tekan tombol Asign.
bentuknya sudah jadi, akhirnya tiba juga ke tahap akhir modeling. Tahap akhir adalah membuat badan helikopter agar tampak lebih mulus. Tekan tombol Tab untuk ke Mode objek lalu di panel Properties, klik tombol Object Modifier. Pada pilihan Modifier, pilih Subdivision Surface
atur nilai Subdivision View=3 dan Render=5. Dan hasilnya badan pesawat akan lebih mulus seperti ini
dan ini hasilnya rendenya



 

0 komentar:

Posting Komentar