Sebelumnya kita telah
membahas cara membuat sebuah object 3D
dengan menggunakan Blender,supaya benda dapat terlihat mempunyai warna
dan texture yang hamper mirip dengan aslinya,maka kita dapat menambahkan
texture yang sesuai dengan kita inginkan.
Disini kita akan
memberikan texture lantai dan dinding,sebelumnya kita harus mempersiapkan
gambar untuk dijadikan tembok dan lantai
Pastinya Kita
buka aplikasi blender dulu,
kemudian kita hapus objek kubusnya sehingga menjadi kosong
Selanjutnya kita membuat sebuah lantai dengan cara, shift+a lalu pilih mesh >> plane
seperti gambar dibawah ini
Setelah itu kita perlebar
objek tersebut dengan cara s+5 seperti
gambar dibawah ini
Kemudian membuat dindingnya dengan cara tekan tab agar menjadi edit mode lalu kita select bagian ujung kiri nya untuk dijadikan dindingnya tekan e kemudian z tarik ke atas seperti dibawah ini
Setelah semua udah dibuat,selanjutnya kita akan membuat texture pada lantai dan dindingnya .kita bagi dua dahulu
layarnya dengan cara pada layar kerja sebelah kanan kita drag berfungsi
mempermudah kerja kita, kemudian kita tekan tab agar menjadi edit mode kita
pilih face mode, kemudian kita pilih bagian mana yang ingin dibuat texture nya,
pada lembar kerja sebelah kanan kita ubah 3d
view menjadi uv/image editor
Kemudian kita ke texture kita pilih texture yang kita inginkan dengan
cara texture >> new lalu open
disana kita pilih texture yang kita inginkan seperti dibawah ini
Kemudian kita ke material kita new
>> assign maka akan tampil gambar yang display tadi seperti gambar
dibawah ini
Kemudian kita tekan u, dan pilih objek project from view kita sesuaikan texture yang ingin kita masukan
kedalam bidang, jangan lupa kita ceklis terlebih dahulu texture solid
Untuk membuat lantai cara sama dengan cara membuat dinding kita buat
dengan texture yang berbeda
Kemudian kita akan membuat sebuah objek lemari dengan cara shift a >> mesh >> cube
Hasilnya:
0 komentar:
Posting Komentar